Jumat, 16 November 2007

DiSKoGRaFI NirVaNA

Pada tanggal 19 Maret 1988 di Community World Theater, Tacoma untuk pertama kalinya nama Nirvana di perkenalkan. Dengan formasi Kurt Cobain, Chris Novosellic, dan Dave foster. Maklumlah karena sebelum Nirvana di perkenalkan, Kurt Cobain sering ganti nama band juga personil. Sebelumnya ada Fecal Matter Band yang di tongkrongi Kurt Cobain, Greg Hokanson dan Dale Crover. Namun perjalanannya hanya seumur jagung.

Lalu dengan Band "Skid Row"nya bareng Chris Novoselic dan Aaron Burcklhad, Kurt Cobain mulai memperkenalkan lagu, Love Buzz, Floyd The Barber, Mexican Seafood, dll. Di Community World Center, Tacoma pada bulan Maret 1987. Dengan berbagai alasan akhirnya Aaron Burcklhad meninggalkan mereka berdua.

Dengan inisiatif yang cemerlang Kurt dan Chris mulai memasang iklan untuk mencari pengganti Aaron, untuk mengisi kevakuman akhirnya Kurt menarik Dave Crover yang berstatus pinjaman dari The Malvinas. Sukses bikin demo 10 lagu untuk Reciprocal Studio, Dave Crover balik lagi ke band asalnya The Malvinas. Tinggal berdua lagi bikin proyeknya tersendat akhirnya Kurt bikin iklan lagi lalu dapat Dave Foster, bersama Dave Foster akhirnya Nirvana terbentuk.

Tak berapa lama setelah terbentuknya Nirvana, Dave foster mundur, karena menurutnya Kurt dan Chris mempunyai kepribadian aneh. Setelah drummer ketiga mundur datanglah Chad Channing darah baru ini ternyata ampuh untuk meyakinkan keduanya. Mereka bertiga lalu merampungkan berbagai lagu yang telah di sepakati antara mereka dan label Sup Pop Record pada bulan November 1988.

Setelah sukses dengan single pertamanya, Nirvana lalu merilis ulang single mereka dalam album Bleach, karena Financial Nirvana di topang oleh teman baik Chad Channing <> untuk penyelesaian album Bleach. Sebagai kompensasinya nama Jason dicantumkan di sampul sebagai gitaris kedua.

Pada akhirnya memang Jason bisa masuk dalam komonitas Nirvana, Sebagai gitaris tetap. Tapi lagi-lagi tidak bertahan lama, ia terdepak dari Nirvana. Setelah sukses mengantarkan album kedua yang bertitel "Nevermind" Chad Channing juga mengundurkan diri.

Bongkar pasang personil memang selalu menjadi delima buat Nirvana. Akhirnya untuk sebuah alternatif Nirvana menyiduk kembali Dave Crover, sebelum ketemu Dave Grohl yang menjadi drummer kebanggaan Nirvana.

Sebelum penggarapan single "S'mail Like Teen Spirit" Dave Grohl telah dibisiki Chris bahwa Kurt seorang Drugs User. Karena Dave sempat nervous menghadapi sikap Kurt yang ganjil. Sukses Nevermind lalu disusul album ketiga yang bertajuk In Utero. Dengan single "Heart Shaped Box" album ini sukses luar biasa.

Lalu pada tanggal 15 Desember 1992 album keempat yang bertajuk Incesticide telah dirilis yang terdiri dari rekaman lagu lama dari single, Ep dan Demo mereka. Ternyata sambutan publik sangat responsif walau tidak di dukung promo besar-besaran.

Nirvana juga dipercaya untuk mengerjakan Soundtrek album "The Beavis And Butthead Experience Featuring Nirvana", yang telah dirilis pada tanggal 23 November 1993. Dengan memasukkan single "I Hate My Self And I Want To Die". Semua yang di impikan Kurt telah tercapai semuanya, hingga dunia tercengang ketika kabar kematian Kurt yang sangat kontroversial itu di publikasikan.

Tidak ada komentar: