Jumat, 16 November 2007

TiPZz RhYThM RoCK

Memainkan Rhythm memang tidak sesulit memainkan melodi. Hal ini memang benar tapi bukan berarti kita harus menyepelekan pola permainan rhythm. Jangan salah kalo di panggung-panggung memang kerap kali para pemain melodi menjadi sorakan para penonto, tapi jangan lupa dengan peranan rhythm yang juga bisa bikin lagu kamu atau lagu yang kamu bawain menjadi terdengar megah akibat pola rhythm 'N sound rhythm kamu yang OK.

Malahan, banyak juga band-band class dunia yang lebih menonjolkan permainan rhythm mereka. Coba aja kamu simak lagu-lagu seperti "Let There Be Rock-nya AC/DC", lagu-lagu Oasis, lagu-lagu Iron Maiden, Smells Like teen Spirit-nya Nirvana, lagu-lagu Pantera, Metallica, Korn, Green Day, Sum 41, Linkin Park, Blink 182 dan masih banyak lainnya. Rhythm yang mereka mainkan itu bukan sembarang rhythm, tapi ada polanya. Jadi it's OK tuh kalo sebuah lagu tidak menampilkan lead gitar. Emang cuma Lead gitar doank yang bisa nampang, pemain rhythm juga bisa.

Nah kalo kamu kepengen jago maen rhythm kayak band-band/gitaris impian kamu, Neh ada tipsnya....

> Gunakan pick, karena touch-nya lebih dapet ketimbang kamu menggunakan jari. Lagipula pada umumnya, pemain rock lebih banyak yang menggunakan pick. Untuk birama 4/4, sebaiknya kamu menggunakan kocokan ke bawah.
> Posisikan telapak tangan yang berfungsi untuk memetik secara perlahan pada dawai-dawai gitar dekat bridge untuk memainkan palm-mute, lalu mainkan kocokan ke bawah 8-to the bar dengan sebuah pick. Alhasil sound gitar kamu akan terdengar lebih heavy.
> Jangan menggunakan akord major seperti G, C, D dan lain-lain karena akord major tersebut tidak bersuara sebagus "power chords".
> Jangan sampe level distorsi kamu terlalu heavy, karena akan menghilangkan agresivitas akord tersebut sehingga mix keseluruhan nggak terdengar nge-rock. Pokoknya harus pas, mending nyontek aja sama sound band kesukaanmu.
> Jangan memainkan semua senar, agar sound tidak menyebar. Pada umumnya rhythm rock menggunakan dawai-dawai bas.
> Jangan takut-takut untuk bereksperimen. Coba turunkan dawa ke bas D atau turunkan seluruh dawai gitar setengah nada, hal ini untuk membuat sound lebih heavy.
> Hindarkan reverb terlalu banyak agar sound tidak campur-baur.
> Belilah tuner elektrik, kamu juga bisa pasang tuner ini sambil kamu main. Karena seringkali steman turun akibat permainan yang power.
> Sekali-sekali mainkan akses dengan teratur, agar terdengar lebih variatif.
> Teruslah berdisiplin dan tetap fokus, kadang permainan rhythm yang baik adalah rhythm dengan sedikit variasi.
Yeah.., Pelajari baik-baik tips ini, bisa jadi di hari mendatang kamu akan lebih ngetop dibanding pemain melodi kebanggaanmu.

Tidak ada komentar: